Kerajinan Batik Motif Lok Chan Di Tuban

0 140

Kerajinan Batik Motif Lok Chan Di Tuban

Persaingan pasar batik yang terjadi tidak hanya antara Batik Gedog Tuban dengan Batik Pekalongan dan Solo. Di tingkat lokal-pun, batik yang telah ditetapkan sebagai produk unggulan Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Tuban mendapat pesaing yang lumayan berat. Batik Sumurgung atau lebih dikenal dengan Batik Bongkol karena sentra kerajinan batik ada di wilayah Dusun Bongkol, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban Kota, perlahan namun pasti menggusur dominasi Batik Gedog Kerek.

Darsono merupakan salah satu dari pengusaha dan perajin Batik Bongkol mengatakan bahwa jumlah pesanan Batik Bongkol terus meningkat setahun terakhir. Dalam sebulan saja, kata Darsono, 7.500 lembar batik produksinya mampu terserap pasar. Saat ini memang baru empat pengusaha batik yang memproduksi Batik Bongkol. Itu pun baru Darsono yang total memproduksi Batik Bongkol, sedang tiga pengusaha lainnya masih sesekali memproduksi batik Gedog. Namun melihat trend Batik Bongkol yang terus naik itu, Darsono optimis dua-tiga tahun ke depan para pembatik di tempat itu akan kembali beralih ke Batik Bongkol dan meninggalkan Batik Gedog sama sekali

Batik Motif Lok Chan

Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog merupakan bukti adanya asimilasi budaya Tionghoa yang berkembang pada zaman dahulu di Kabupaten Tuban. Motif Lok Chan terinspirasi dari burung Phoenix atau burung Hong.

Burung Phoenix atau Burung Hong merupakan salah satu burung yang dikenal dalam mitologi China (burung Phoenix atau burung Hong ini tidak ada pada Kabupaten Tuban). Ciri khas Motif Lok Chan adalah bentuk gambar dari burung Phoenix yang mengembangkan sayapnya. Sejarah nama Lok Chan berasal dari China, Cuan atau Juan yang merupakan kain tenun sutra biru sederhana dari negeri China. Pada zaman dahulu sutra yang didatangkan berasal dari China kesemuanya memiliki warna cenderung kebiru-biruan.

 

Burung Phoenix atau burung Hong dianggap merupakan pemimpin burung, yang melambangkan keperkasaan seorang laki-laki. Motif Lok Chan dianggap memiliki nilai sakral yang dipercaya oleh masyarakat Kabupaten Tuban untuk menyelimuti seseorang yang disengat kalajengking agar supaya cepat sembuh. Salah satu contoh bentuk Motif Lok Chan seperti terlihat pada gambar disamping. Kaos berkerah dengan bahan kain katun bermotifkan burung Phoenix dengan anggunnya mengembangkan sayap keperkasaan yang melambangkan laki-laki.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/motif-lok-chan-batik-tulis-gedog/
Comments
Loading...