Kerajinan Batik Motif Mangga Gedong Gincu Di Majalengka

0 206

Kerajinan Batik Motif Mangga Gedong Gincu Di Majalengka

Herty Elit Batik sudah membuat 18 motif batik khas Majalengka. Pemilik Herty Elit Batik Hery Suhersono menyebutkan, salah satu dari dua motif batik yang terakhir dibuat adalah Motif Ki Bagus Rangin. Motif ini terinspirasi sejarah Ki Bagus Rangin yang merupakan tokoh pejuang pada masa penjajahan. Motif tersebut dibuat untuk menghargai jasa dan perjuangan Ki Bagus Rangin, dengan harapan bisa memberi motivasi bagi para generasi muda untuk memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa.

Hasil produkksi Herty Elit selain dipasarkan di Desa Enggalwangi, juga di galeri Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran. Hingga kini kami telah membuat 18 motif khas Majalengka, dan kami akan terus membuat motif lainnya.

Batik Motif Mangga Gedong Gincu

Motif Buah Gedong Gincu perlambang sebuah pengharapan yang besar dari pengharapan pemerintah Majalengka, agar tetap selalu diberi karunia alam yang subur, sehingga terus bisa eksis bertani (berkebun) dan diharapkan tumbuh subur berbagai pepohonan, khususnya pohon mangga gedong gincu, yang merupakan salah satu unggulan dari hasil bumi Majalengka bagian dari penunjang tumbuh berkembangnya ekonomi kerakyatan di bidang argo, demi mewujudkan cita-cita bersama Majalengka yang Religius, Maju dan Sejahtera.

Digambarkan dengan motif buah gedong gincu yang bergaris lingkaran tiga buah. Sedang gambar (motif) yang berbentuk sayap, ukel, akar dan garis kotak (empat persegi panjang) melambangkan dengan tekad bulat masyarakat Majalengka berserta pemerintah yang terus menerus berkesinambungan, tak kenal lelah (tak kenal putus asa), tak berpamrih untuk terus berjalan, bergerak dalam menegakkan cita-cita luhur bersama tersebut dengan pondasi Iman, Islam, dan Ihsan.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-majalengka-motif-mangga-gedong-gincu/
Comments
Loading...