Kerajinan Batik Motif Maos Di Cilacap

0 135

Kerajinan Batik Motif Maos Di Cilacap

Cilacap mempunyai potensi besar pada kerajinan batik. Sentra produksi batik di Kabupaten Cilacap sekarang ini ada di Kecamatan Maos Cilacap serta lalu berkembang ke Nusawungu serta sebagian desa di lokasi Cilacap sisi timur. Produksi batik Cilacap dikelola oleh 2 grup usaha wanita Batik Rajasa Mas Di desa Maos Lor yang diketuai Euis Rohaini serta Kencana Desa Maos Kidul yg diketuai Ny Maryo.

Menurut cerita, seni batik dibawa golongan bangsawan yg datang ke Maos lebih kurang era ke-18 serta konon tuturnya batik catat Maos adalah karya warisan saat Pangeran Diponegoro. Dari waktu itu, seni batik catat mulai dikenalkan serta sampai sekarang ini di kenal dengan batik catat Maos.

Product batik catat tradisional asli Cilacap cukup diminati beberapa kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang serta Eropa. Saat ini product itu juga telah dapat didapati di Julia Van Causal Boutiq, Toohool Boutiq serta Sossumi Boutiq di London, Inggris serta beberapa butik di Belanda.

Batik Motif Maos

Pada tahun 2010 batik Cilacap pernah diikut sertakan pada beberapa pameran di luar negeri yaitu di rainforest craff di Malaysia, Asean Culture di Yordania tahun dan Indonesia Intergratet di Banglades. Sejarah batik pada abad 18 Pangeran Diponegoro dan para pembesar kraton Surakarta bergerilya sampai ke daerah maos, dan konon batik Maos merupakan salah satu karya warisannya. Sejak saat itu, seni batik tulis mulai diperkenalkan dan hingga saat ini dikenal dengan batik tulis Maos. Batik Maos pernah mengalami kejayaan dan sempat tenar sekitar tahun 1960-1980 dan berangsur-angsur padam karena kalah saing dengan batik dari Pekalongan, Jogya, dan Solo.

Source https://infobatik.id/501-2/ https://infobatik.id/501-2/
Comments
Loading...