Kerajinan Batik Motif Mbako Sak Wit Di Temanggung

0 113

Kerajinan Batik Motif Mbako Sak Wit Di Temanggung

Kain batik adalah kain khas Indonesia hampir setiap daerah memiliki kain batik yang unik dengan motif tertentu sebagai cirikhas produksi daerah tersebut. Temanggung juga memiliki batik yang dikenal batik Temanggung tidak sama dengan motif batik dari kabupaten atau kota lainnya di Indonesia. Temanggung terkenal dengan tembakaunya yang menjadi ciri khas batik Temanggung yakni batik tembakau.

Kini Iman Nugroho telah membuka workshop dan showroomnya terletak di Dusun Tegaltemu, Desa Manding, Temanggung. Batik tulis produksi Iman Nugroho tidak hanya motif tembakau dengan variasi mulai dari motif batik daun, bunga tembakau, batang, akar melainkan juga motif teh, kayu hingga buah-buahan. Semenjak itulah masyarakat Temanggung berbondong-bondong menjadi pengrajin batik tembakau tepat tahun 2010 batik Mbako berdiri. Kerajianan batik Mbako awalnya dirintis dan ditekuni oleh mayoritas pemuda & ibu-ibu rumah tangga yang telah mengikuti kursus membatik di Solo.

Motif Mbako Sak Wit

Dalam bahasa Jawa kata sak memiliki arti satu, utuh atau intensitas yang paling pol/kuat, sedangkan kata wit dalam bahasa Jawa berarti pohon atau tanaman. Jadi yang dimaksud disini adalah motif yang menggambarkan satu tanaman tembakau secara utuh yaitu batang, daun hingga bunga tembakau. Motif Mbako Sak Wit juga merupakan pengembangan dari pola rejeng, dimana pola penyusunanya juga sepanjang garis miring pada kain. Ide dasar pembuatan batik ini berupa stilisasi akar, batang, daun, dan bunga tembakau, dalam pembuatan motif ini terdiri atas motif utama, tambahan dan isen-isen.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-temanggung-motif-mbako-sak-wit/
Comments
Loading...