Kerajinan Batik Motif Merak Ngibing Di Garut

0 179

Kerajinan Batik Motif Merak Ngibing Di Garut

Kekayaan budaya Jawa Barat memiliki banyak keunggulan termasuk ragam corak batik dengan kekhasan daerah masing-masing. Sayangnya, banyak kekhasan batik dari daerah-daerah tersebut yang kini hampir punah. Untuk menjaga agar batik tetap lestari, salah satu caranya dengan lebih menyesuaikan batik baik dari corak maupun warnanya dengan selera pasar saat ini. Saat ini banyak terdapat Pengrajin Batik Tulis Garut. Perintisnya yaitu Enny Lestari Dewi warga Galumpit Sasak kabupaten Garut

Batik Motif Merak Ngibing

Batik Motif Merak Ngibing menggambarkan keindahan dan keharmonisan dari tarian sepasang merak. Burung Merak adalah burung yang sangat cantik dan indah serta seluruh tubuhnya dibalut oleh bulu dengan warna-warni yang mencolok. Lebih luas lagi, merak yang menari menggambarkan keindahan alam di daerah garut yang yang dipenuhi oleh warna-warna segar nan indah.

Tarian merak menggambarkan keharmonisan kehidupan masyarakatnya yang selalu rukun, damai, dan penuh kegembiraan. Batik Motif Merak Ngibing ini sangat populer di daerah Garut dan Jawa Barat pada umumnya. Motif ini biasa dipakai dalam perayaan acara kebudayaan, acara-acara formal, upacara adat, maupun pernikahan. Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai pemakaian motif ini, sesuai dengan gaya batik Garutan lainnya yang tidak terpaku pada aturan gaya batik tertentu.

Source https://infobatik.id/batik-garut-motif-merak-ngibing/ https://infobatik.id/batik-garut-motif-merak-ngibing/
Comments
Loading...