Kerajinan Batik Motif Mina Tuna Di Pacitan

0 147

Kerajinan Batik Motif Mina Tuna Di Pacitan

Perajin batik tulis di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kesulitan untuk memasarkan produknya karena keterbatasan sarana dan prasarana selain kompetisi yang ketat dengan produk batik tulis daerah lain.

“Kami memang belum memiliki pangsar pasar yang bagus (spesifik) karena produk batik pace khas Pacitan masih kalah bersaing dengan daerah lain,” kata Wiwit Peni Dwi Artari di Desa Watukarung, Kabupaten Pacitan.

Belum banyak campur tangan ataupun upaya langsung pemerintah daerah dalam membantu pemasaran batik pace yang dibuat para perajin batik tradisional di Pacitan, khususnya dari wilayah Kecamatan Pringkuku dan Desa Watukarung. Wiwit mengatakan, strategi pemasaran yang dilakukan para perajin sejauh ini hanya mengandalkan promosi melalui media sosial Facebook ataupun blog, serta cara tradisional ke calon pembeli.

Batik Motif Mina Tuna

Ikan Tuna, Tore, Bawal, Layur, Ekor Kuning, merupakan hasil tangkapan di laut Pacitan, ikan-ikan sekarang sudah diolah menjadi makanan khas untuk oleh-oleh saat berkunjung/tamasya ke pantai Pacitan. Tidak salah jika ikan-ikan ini di desain untuk seragam Forikan Pacitan. Batik ini didesain oleh Budi Raharjo, Mei 2015. Batik dengan pewarna alami dari kulit maoni tampak manis dengan batuan koral yang ada di bagian bawah, tidak ketinggalan buah Pace yang merupakan motif batik khas Pacitan.
Source https://www.antaranews.com https://www.antaranews.com/berita/580284/perajin-batik-tulis-pacitan-kesulitan-pasarkan-produknya
Comments
Loading...