Kerajinan Batik Motif Moda Transportasi Di Medan

0 146

Kerajinan Batik Motif Moda Transportasi Di Medan

Kendala dalam berbisnis merupakan hal yang lazim bagi para pemilik usaha. Tak terkecuali R Edy Gunawan, pemilik Ardhina Batik. Kini, ia mengalami kesulitan  mendapatkan perajin batik yang terampil. Dia mengaku bila para remaja disekitar tempat produksinya cenderung suka mendesain batik daripada mengisi motif batik. Alhasil, dia harus memberikan pelatihan kepada mereka yang hendak bergabung.

Selain itu, bahan baku yang harus didatangkan dari Jawa membuat harga produksi tinggi. Otomatis, harga jual juga menjadi lebih mahal. Edy pun sempat menanggung rugi lantaran kenaikan harga bahan baku  mendadak. Padahal, saat itu dia sudah punya kesepakatan dengan pelanggan. “Saya tidak mungkin saya mengubah harga karena mereka akan kecewa,” katanya.

Beredarnya batik printing dengan motif khas Medan, Sumatra Utara rupanya membuat persaingan menjadi cukup sengit.

Perkembangan batik di Indonesia makin pesat dan tidak hanya berpusat di Pulau Jawa. Di Medan, Sumatera Utara, batik kontemporer pun hadir dengan motif moda transportasi khas kota terbesar di pulau Sumatera tersebut. Batik motif baru tersebut terlihat dalam Pameran Malaysia-Indonesia Bisnis Expo 2013 di Medan, pada Minggu lalu. Batik ini dijual dengan harga mulai Rp200 ribu per helai.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-dengan-motif-moda-transportasi/
Comments
Loading...