Kerajinan Batik Motif Nusa Kelapa Di Jakarta Utara

0 203

Kerajinan Batik Motif Nusa Kelapa Di Jakarta Utara

Batik kontemporer betawi baru berkembang pada tiga tahun terakhir. Namun bukan berarti produsennya tak percaya diri menembus pasar lokal maupun mancanegara. Shanda Candradini, pengurus Keluarga Batik Betawi mengatakan optimistis perkembangan batik Betawi kontemporer.

Saat ini, sudah ada 10 pengrajin batik kontemporer di Jakarta yang terletak di Jakarta Utara. Mereka bisa mempekerjakan lebih dari 100 pembatik.  Mereka juga telah mengikuti pameran seperti di Pekan Raya Jakarta. Di luar negeri, para pengrajin batik ini juga sudah mengikuti pameran di Malaysia dan Bangkok, Thailand.

Mereka juga meminta agar pemerintah mendukung rencana dibangunnya galeri batik betawi. Berbagai fasilitas pendukung itu, kata Shanda, akan tetap didirikan di Jakarta Utara. “Soalnya air di sana asin, cocok untuk batik betawi agar warnanya lebih cemerlang,” kata dia.

Batik kontemporer Betawi biasanya memang berwarna cerah, seperti halnya batik Pekalongan. Motif batik Betawi biasanya berupa ondel-ondel,monas, meluku, gemenan, si Pitung, dan andong. Harga batik cap rata-rata dijual Rp 120.000- Rp 250.000, sementara batik tulis dijual lebih dari Rp 500.000.

Batik Motif Nusa Kelapa

motif batik tersebut terinspirasi dari Peta Ceila yang dibuat pada tahun 1482-1521 masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Perlu diketahui bahwa peta tersebut menunjukkan bahwa dahulu, kota Jakarta bernama Nusa Kelapa yang selanjutnya berganti nama menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan yang terkahir bernama Jakarta.

Source https://batik-tulis.com https://batik-tulis.com/blog/batik-betawi/
Comments
Loading...