Kerajinan Batik Motif Nyi Rambut Kasih Di Majalengka

0 183

Kerajinan Batik Motif Nyi Rambut Kasih Di Majalengka

Herty Elit Batik sudah membuat 18 motif batik khas Majalengka. Pemilik Herty Elit Batik Hery Suhersono menyebutkan, salah satu dari dua motif batik yang terakhir dibuat adalah Motif Ki Bagus Rangin. Motif ini terinspirasi sejarah Ki Bagus Rangin yang merupakan tokoh pejuang pada masa penjajahan. Motif tersebut dibuat untuk menghargai jasa dan perjuangan Ki Bagus Rangin, dengan harapan bisa memberi motivasi bagi para generasi muda untuk memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa.

Hasil produkksi Herty Elit selain dipasarkan di Desa Enggalwangi, juga di galeri Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran. Hingga kini kami telah membuat 18 motif khas Majalengka, dan kami akan terus membuat motif lainnya.

Batik Motif Nyi Rambut Kasih

Motif Nyi Rambut Kasih diambil dari nama salah satu tokoh sejarah Kota Majalengka. Corak Nyi rambut Kasih memiliki keunikan dan kelembutan sendiri, bahannya lebih halus dan elegant.

Digambarkan dengan motif; seorang wanita berparas cantik, tegar dan segar, dengan rambut panjang yang menjalar ke berbagai arah, dihiasi oleh taburan bunga melati dengan disisipkan 3 (tiga) simbol daun cinta.

Melambangkan keuletan, kesabaran dan kesadaran masyarkat serta Pemerintah Majalengka dalam bahu-membahu bersama-sama untuk membangun daerah, dengan landasan hati tulus – iklas, penuh dengan rasa tanggung jawab, didukung dengan rasa solidaritas yang tinggi, rasa cinta kasih yang dalam, selaras dan berkesinambungan (tanpa diskriminasi serta interversi).

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-majalengka-motif-nyi-rambut-kasih/
Comments
Loading...