Kerajinan Batik Motif ODNR Di Depok

0 146

Kerajinan Batik Motif ODNR Di Depok

Batik tentu saja identik dengan daerah-daerah di wilayah tengah pulau Jawa. Tidak banyak yang tahu kalau di salah satu kawasan pinggiran ibukota juga memiliki batik yaitu di Kabupaten Depok, Jawa Barat. Bahkan, masyarakat depok pun belum banyak yang mengetahuinya. “Batik khas Depok, karena kita orang-orang Depok. Kita kembangkan budaya Depok lewat batik,” kata salah satu penggagas Batik Sukma di Depok, Udin 

Uniknya, Batik Sukma bukan berasal dari para seniman batik atau desainer yang kesohor. Batik Sukma awalnya justru digagas oleh para pemuda pengangguran yang iseng tidak punya pekerjaan. Mereka kemudian mengikuti pelatihan membatik.

Pemasarannya masih dilakukan konvensional dari mulut ke mulut. Pasalnya secara segi Sumber Daya Manusia (SDM) para pengrajin batik sukma belum begitu siap. Hanya saja impian mereka untuk menjadikan batik Depok go international terus diraih.

Batik Motif ODNR

Motif terbaru dari Batik Depok dinamakan batik ODNR (One Day No Rice) atau program Sehari Tanpa Nasi karena motif ini terdapat berbagai varian karbohidrat yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi dan memiliki indeks glikemik yang rendah, seperti jagung, kentang, singkong, ubi, talas, dan sagu. Dalam motif batik ini, menyiratkan bahwa karbohidrat itu tidak selalu berasal dari padi. Batik tersebut diluncurkan sebagai hadiah HUT Ke 14 Kota Depok pada 2 Mei 2013 lalu. Batik berwarna dasar yang dipadu warna kuning dan putih itu terdapat gambar karbohidrat lokal seperti jagung, singkong, ubi jalar, kentang, sagu, dan tales. Batik ODNR itu bukan batik untuk seragam pegawai negeri sipil (PNS) Kota Depok melainkan untuk seluruh masyarakat Depok.

Source https://infobatik.id/batik-depok-motif-odnr/ https://infobatik.id/batik-depok-motif-odnr/
Comments
Loading...