Kerajinan Batik Motif Pace Galaran Di Pacitan

0 154

Kerajinan Batik Motif Pace Galaran Di Pacitan

Perajin batik tulis di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kesulitan untuk memasarkan produknya karena keterbatasan sarana dan prasarana selain kompetisi yang ketat dengan produk batik tulis daerah lain.

“Kami memang belum memiliki pangsar pasar yang bagus (spesifik) karena produk batik pace khas Pacitan masih kalah bersaing dengan daerah lain,” kata Wiwit Peni Dwi Artari di Desa Watukarung, Kabupaten Pacitan.

Belum banyak campur tangan ataupun upaya langsung pemerintah daerah dalam membantu pemasaran batik pace yang dibuat para perajin batik tradisional di Pacitan, khususnya dari wilayah Kecamatan Pringkuku dan Desa Watukarung. Wiwit mengatakan, strategi pemasaran yang dilakukan para perajin sejauh ini hanya mengandalkan promosi melalui media sosial Facebook ataupun blog, serta cara tradisional ke calon pembeli.

Batik Motif Pace Galaran

Batik Pace Galaran terdapat motif utama buah Pace yang dibuat berselang-seling dengan daun, bunga dan buah Pace. Obyek bunga, daun, buah Pace ditaruh di berbagai tempat dibatasi tepian batu, dimana masing-masing batuan diberi latar (tanahan) dengan motif-motif yang berbeda. Batik ini di desain oleh Toni Retno pada tahun 2013. Menggunakan pewarna alami dari daun mangga yang dikunci dengan tawas dan tunjung.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/motif-batik-pace-galaran-khas-pacitan/
Comments
Loading...