Kerajinan Batik Motif Pace Gong Di Pacitan

0 148

Kerajinan Batik Motif Pace Gong Di Pacitan

Perajin batik tulis di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kesulitan untuk memasarkan produknya karena keterbatasan sarana dan prasarana selain kompetisi yang ketat dengan produk batik tulis daerah lain.

“Kami memang belum memiliki pangsar pasar yang bagus (spesifik) karena produk batik pace khas Pacitan masih kalah bersaing dengan daerah lain,” kata Wiwit Peni Dwi Artari di Desa Watukarung, Kabupaten Pacitan.

Belum banyak campur tangan ataupun upaya langsung pemerintah daerah dalam membantu pemasaran batik pace yang dibuat para perajin batik tradisional di Pacitan, khususnya dari wilayah Kecamatan Pringkuku dan Desa Watukarung. Wiwit mengatakan, strategi pemasaran yang dilakukan para perajin sejauh ini hanya mengandalkan promosi melalui media sosial Facebook ataupun blog, serta cara tradisional ke calon pembeli.

Batik Motif Pace Gong

Batik motif Pace yang besar-besar dengan paduan kupu-kupu yang besar-besar pula sehingga diberi judul Pace Gong atau Pace yang besar-besar seperti gong gamelan. Batik ini di desain oleh Aditya Nugraha yang masih taraf belajar, dipakai untuk baju sendiri, namun kenyataannya ada pembeli yang berminat untuk mengkoleksinya. Pewarna batik yang dipakai adalah pewarna sintetis hijau ( GIB ) dan kuning ( IRRD ) dipadu dengan Naptol merah B.

Source https://www.antaranews.com https://www.antaranews.com/berita/580284/perajin-batik-tulis-pacitan-kesulitan-pasarkan-produknya
Comments
Loading...