Kerajinan Batik Motif Pace Rumpin Di Pacitan

0 168

Kerajinan Batik Motif Pace Rumpin Di Pacitan

Perajin batik tulis di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kesulitan untuk memasarkan produknya karena keterbatasan sarana dan prasarana selain kompetisi yang ketat dengan produk batik tulis daerah lain.

“Kami memang belum memiliki pangsar pasar yang bagus (spesifik) karena produk batik pace khas Pacitan masih kalah bersaing dengan daerah lain,” kata Wiwit Peni Dwi Artari di Desa Watukarung, Kabupaten Pacitan.

Belum banyak campur tangan ataupun upaya langsung pemerintah daerah dalam membantu pemasaran batik pace yang dibuat para perajin batik tradisional di Pacitan, khususnya dari wilayah Kecamatan Pringkuku dan Desa Watukarung. Wiwit mengatakan, strategi pemasaran yang dilakukan para perajin sejauh ini hanya mengandalkan promosi melalui media sosial Facebook ataupun blog, serta cara tradisional ke calon pembeli.

Batik Motif Pace Rumpin

Batik Tulis Motif Pace Rumpin merupakan salah satu batik tulis khas pacitan Batik tulis motif ceplok Pace yang dibuat segi empat ini dipakai untuk seragam Rumpin (pengurus rumpin kec. Ngadirojo). Didesain oleh Budi Raharjo pada Des 2012. Pewarna yang dipakai sintetis biru ( O4B) dan Naptol coklat 91 garam merah B.

Source https://www.antaranews.com https://www.antaranews.com/berita/580284/perajin-batik-tulis-pacitan-kesulitan-pasarkan-produknya
Comments
Loading...