Kerajinan Batik Motif Parang Cengkeh Di Trenggalek

0 232

Kerajinan Batik Motif Parang Cengkeh Di Trenggalek

Di Kabupaten Trenggalek, akan mendapati batik dengan motif bunga cengkeh. Kabupaten yang berada di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki sentra batik di Dusun Jampi, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kab. Trenggalek.

Saat ini di Dusun Jampi setidaknya terdapat 35 pembatik dan dua rumah produksi batik. Imam Sopingi, satu diantara dua pemilik rumah produksi batik mengatakan dusunnya telah lama menjadi pusat batik di Trenggalek. “Dari tahun 70an, simbah-simbah kami telah menjadi pembatik,” cerita Imam.

Batik Motif Parang Cengkeh

 

Kata parang memiliki arti pereng atau tebing juga senjata tajam. Keduanya merupakan simbol ketajaman pola pikir yang dimiliki seorang pemimpin agar dapat mengendalikan lingkungannya. Susunan motif letter S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar letter S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat tidak pernah padam.

Motif cengkeh melambangkan hasil bumi utama di Kabupaten Trenggalek. Kedua motif ini dirangkai sedemikian rupa sehingga terlihat serasi dan harmonis. Motif Parang Cengkeh merepresentasikan sebuah pola pikir yang tajam yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin agar keputusan yang diambil atas setiap permasalahan dapat bijaksana dan baik untuk semua.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-trenggalek-motif-parang-cengkeh/
Comments
Loading...