Kerajinan Batik Motif Parang Gondosuli Di Jepara

0 159

Kerajinan Batik Motif Parang Gondosuli Di Jepara

Para perajin batik motif Jepara sepakat untuk membentuk paguyuban. Kesepakatan itu dinyatakan dalam pertemuan yang difasilitasi Ketua Lembaga Pelestari Seni Ukir, Batik, dan Tenun Jepara, Hadi Priyanto, berlangsung di Kantor Humas Setda Jepara. Harapannya melalui paguyuban ini mereka dapat  bersama-sama mengembangkan batik motif Jepara yang relatif baru. Namun sejatinya, batik motif Jepara  pernah dikembangkan pada masa RA Kartini.

Setelah melakukan diskusi yang cukup alot pada akhirnya mereka sepakat  terhadap motif batik Jepara. “Batik motif Jepara memiliki ciri khas orname ukiran motif Jepara yang telah dikenal di mancanegara. Itu pula yang pernah dikembangkan RA Kartini,” ujar Yanti Jadmiko salah satu perintis batik motif Jepara. Bahkan lima karya Yanti Jadmiko telah dipatenkan.

Batik Motif Parang Gondosuli

Batik Parang Gondosuli adalah salah satu variasi dari motif Parang. Gondosuli sendiri merupakan sejenis tanaman yang berbunga putih kecil dan harum baunya. Ini terlihat pada bagian tangkai parang berupa titik tiga yang merupakan simbol bunga Gondosuli. Motif ini mempunyai filosofi bahwa orang yang memakai batik dengan motif ini diharapkan memperoleh nama yang harum. Motif batik Parang Gondosuli dipakai oleh berbagai kalangan, dan telah dijadikan fashion yang pantut dibanggakan. Produk – produk dari batik parang gondosuli dapat dijadikan jaket, sarimbitan, dan sebagainya. Pewarnaan pada batik parang Gondosuli ini menggunakan pewarnaan soda, dan ini menjadikan produk dengan motif ini menjadi salah satu yang favorit bagi penikmat batik. Batik Gondosuli merupakan batik yang berasal dari kabupaten Jepara Jawa Terngah. Motif batik ini merupakan motif yang disesuaikan dengan motif yang diciptakan oleh R.A Kartini.

Source https://infobatik.id/793-2/ https://infobatik.id/793-2/
Comments
Loading...