Kerajinan Batik Motif Parang Jeporo Di Jepara

0 158

Kerajinan Batik Motif Parang Jeporo Di Jepara

Para perajin batik motif Jepara sepakat untuk membentuk paguyuban. Kesepakatan itu dinyatakan dalam pertemuan yang difasilitasi Ketua Lembaga Pelestari Seni Ukir, Batik, dan Tenun Jepara, Hadi Priyanto, berlangsung di Kantor Humas Setda Jepara. Harapannya melalui paguyuban ini mereka dapat  bersama-sama mengembangkan batik motif Jepara yang relatif baru. Namun sejatinya, batik motif Jepara pernah dikembangkan pada masa RA Kartini.

Setelah melakukan diskusi yang cukup alot pada akhirnya mereka sepakat  terhadap motif batik Jepara. “Batik motif Jepara memiliki ciri khas orname ukiran motif Jepara yang telah dikenal di mancanegara. Itu pula yang pernah dikembangkan RA Kartini,” ujar Yanti Jadmiko salah satu perintis batik motif Jepara. Bahkan lima karya Yanti Jadmiko telah dipatenkan.

Batik Motif Parang Jeporo

Parang Poro (singkatan dari “Parang Jeporo”, yang artinya “Parang Jepara”) Parang Motif Batik Penting Tapi Ternyata Tak Sekedar Motif Jeporo yang disusun miring dan berupa stilisasi ranting dan dedaunan yang saling berkaitan ternyata digali dari corak ukir Jepara. Makna tersirat dibalik motif batik ini menegaskan bahwa manusia harus selalu hidup berdampingan sebab manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu saling membutuhkan satu sama lain.

Source https://infobatik.id/batik-jepara-motif-parang-jeporo/ https://infobatik.id/batik-jepara-motif-parang-jeporo/
Comments
Loading...