Kerajinan Batik Motif Paten Di Lamongan

0 112

Kerajinan Batik Motif Paten Di Lamongan

Batik kini telah diakui oleh Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNESCO, lembaga yang menaungi masalah kebudayaan sebagai warisan budaya dunia. Sementara Lamongan sendiri memiliki banyak motif batik, terutama yang dihasilkan oleh pengrajin dari Desa Sendangduwur/Paciran. Tidak lama lagi, akan dimunculkan satu ikon desain batik Lamongan tersendiri yang mewakili karakter Lamongan oleh pemerintah daerah setempat.

Di desa ini, terdapat 450 pengrajin batik salah satunya adalah Sutoyo dan 26 diantaranya adalah pengusaha. Selama tahun 2011 lalu, total ada 1.634.158 wisatawan nusantara (wisnu) yang berkunjung di Lamongan. Juga terdapat kunjungan 405 wisatawan mancanegara (wisman). Kunjungan tertinggi masih terjadi di WBL, yakni 957.971 orang wisnu dan 165 wisman. Kemudian di Mazoola sebanyak 369.384 pengunjung wisnu dan 196 orang wisman.

Batik Motif Paten

Warisan dari leluhur ini berawal dari zaman Dewi Tilarsih istri dari Raden Noer Rochmat yang dikenal dengan sebutan sunan sendang. Dalam sejarah batik sendang, Dewi Tilarsih dianggap sebagai pelopor munculnya batik sendang yang masih dikenal sampai sekarang. Goresan gambar batik sendang mempunyai detail yang cukup rumit dan kecil. Sehingga, para pengrajin batik sendang ini dituntut untuk mempunyai kesabaran, keuletan, dan ketelatenan. Ciri khas Batik Sendang Lamongan salah satunya adalah Motif Paten.

Sesuai dengan warna khas Batik Sendang, Motif Paten ini didominasi dengan warna hitam dan coklat. Gambar dari motif paten ini berbentuk kupu-kupu dan bunga kecik-kecil yang menjadikan motif paten ini terlihat jauh lebih indah dan menarik.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-lamongan-motif-paten/
Comments
Loading...