Kerajinan Batik Motif Pecutan Di Cirebon

0 187

Kerajinan Batik Motif Pecutan Di Cirebon

Cirebon memiliki destinasi wisata batik di Desa Trusmi yang tidak kalah menarik dengan Yogyakarta, Solo atau Pekalongan. Dari destinasi yang sayup terdengar, Trusmi kini semakin terkenal.

10 Tahun yang lalu, tidak banyak wisatawan mengetahui Batik Trusmi di Cirebon. Kecuali penggemar berat batik, atau mereka yang berdomisili di Bandung atau sering pergi ke Cirebon. Namun kalau pergi ke sana hari ini, Anda akan melihar pusat grosir batik dengan parkiran luas dan jejeran butik-butik batik dari yang sederhana sampai mewah.

Erwin Ibrahim pemilik Rajjas Batik, salah satu gerai Batik Trusmi. Erwin mengatakan perubahan Batik Trusmi menjadi destinasi wisata populer, baru terasa dalam 5 tahun terakhir.


Erwin tidak salah, berawal dari satu desa yaitu Trusmi, kini produksi batik menular ke 3 desa lain yaitu Panembahan, Kali Tengah dan Kali Wulu. Namun untuk penjualan, Desa Trusmi masih menjadi andalan.

Motif pecutan ini asalnya dari kampung batik tulis di Desa Ciwaringin lho, Cinnamores. Pecutan ini merupakan motif yang menonjolkan bentuk bunga cantik berhiaskan dedaunan kecil. Kerennya lagi motif pecutan ini merupakan asli buatan warga Desa Ciwaringin yang telah ada sejak zaman dahulu. Jadi ini bukan motif tiruan. Kalau dilihat-lihat memang motif ini sangat berbeda dengan motif batik lainnya, namun tetap nampak sangat indah.

Source https://cireboncinnamon.com https://cireboncinnamon.com/motif-batik-cirebon-dan-maknanya/
Comments
Loading...