Kerajinan Batik Motif Petani Di Klaten

0 185

Kerajinan Batik Motif Petani Di Klaten

Kerajinan batik tulis Desa Kebon Kecamatan Bayat memiliki keunikan tersendiri dibanding batik daerah lainnya. Batik tulis Kebon lebih banyak menerapkan motif nuansa tumbuh-tumbuhan.

Usut punya usut, motif tersebut terinspirasi dari lingkungan sekitar para perajin. Ketua Kelompok Perajin Batik Kebon, Suminah, mengemukakan, motif dedaunan sengaja dikembangkan sebagai ciri khas batik Kebon karena lingkungan yang masih asri dan terdapat banyak tanaman.

Tema batik disini memang kearifan lokal, idenya dari tanaman di pekarangan sekitar rumah. Ada daun singkong, pepaya, nangka, mangga, dan lainnya. Semua daun bisa dikembangkan jadi motif batik. Makanya untuk batik dari sini dinamakan batik Kebon Indah,” kata Suminah.

Batik Motif Petani

Motif Batik Petani ini adalah jenis motif batik yang sederhana karena tidak dilakukan secara profesional dan pada umumnya para pembuat motif batik ini adalah para ibu yang tidak memiliki keahlian secara khusus dalam hal pembuatan batik. Motif Batik yang mereka buat memang sederhana namun tetap memiliki ciri khas dan telah memberikan warna yang baik bagi perkembangan Motif Batik di Indonesia. Pada umumnya masyarakat Jawa pada zaman dahulu merupakan para petani yang bekerja di sawah sehingga pengerjaan motif batik ini memang bukan pekerjaan utama mereka. Walaupun begitu Motif Batik Petani ini pernah menjadi sangat terkenal terutama di beberapa daerah di pulau jawa seperti di daerah Klaten, Bantul, Imogiri dan juga di wilayah Tuban dan juga Tulungagung. Motif Batik Petani ini seiring dengan waktu mulai berkembang dari motif yang bersumber dari Pola Batik Keraton ini terus berkembang dan tercipta berbagai macam Motif Batik baru.

Source https://infobatik.id/seni-batik-petani/ https://infobatik.id/seni-batik-petani/
Comments
Loading...