Kerajinan Batik Motif Petungkriyono Di Pekalongan

0 151

Kerajinan Batik Motif Petungkriyono Di Pekalongan

Ismet salah seorang pengrajin batik warga Kecamatan Tirto Pekalongan, Jawa Tengah, masih mempertahankan membuat kerajinan ini. Pembuatan batik ini di kerjakan secara tradisional, tanpa bantuan mesin modern.

Motif Batik Petungkriyono, dengan membuat tiga motif sekaligus. Batik itu terinspirasi dari pesona hutan alam Petungkriyono yang masih asri. Gambar motif itu ada alam curug, perkebunan, hutan alam, binatang, wisatawan. Tiga desain Batik Petungkriyono ini yang akan menjadi ikon legenda Batik Pekalongan.

Proses pembuatan batik hingga jadi tiga desain Batik Petungkriyono itu diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Rencananya, ikon batik legenda Pekalongan itu akan di-launching pada saat Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-395 pada akhir bulan Agustus 2017. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, karya seni batik harus bekerja sama dengan baik antara, konseptor, penggambar, pewarna, dan pemopok. Untuk itu dunia perlu mengetahui bagaimana proses rumit membatik, karena jarang sekali lukisan yang hasil dari banyak orang yang menjadi sebuah karya.

Source https://infobatik.id/motif-batik-petungkriyono-ikon-batik-legenda-pekalongan/ https://infobatik.id/motif-batik-petungkriyono-ikon-batik-legenda-pekalongan/
Comments
Loading...