Kerajinan Batik Motif Pisan Bali, Hardjonagoro Di Bali

0 126

Kerajinan Batik Motif Pisan Bali, Hardjonagoro Di Bali

 Batik bermotif Pisan Bali diciptakan oleh KRTH Hardjonagoro pada tahun 1950 an, dalam upayanya membuat Batik Indonesia sebagaimana diminta oleh Presiden Sukarno. Batik yang bukan batik Solo ataupun Yogya, tetapi memuat pesan filosofis yang sama dalamnya. Motif Pisan Bali menggambarkan bunga pohon pisang, sebagai stilasi atau pengganti bagi Pohon Hayat dalam batik-batik Yogya dan Solo. Bunga pohon pisang dimaksudkan sebagai simbol muasal kehidupan, sebagaimana Pohon Hayat, yang darinya menjalar dedaunan sebagai simbol kehidupan yang terus tumbuh.

Buah pisang memiliki peran penting dalam masyarakat Indonesia. Pisang hampir selalu ditemukan pada upacara-upacara keagamaan maupun sosial. Bahkan di Bali, buah pisang merupakan komponen penting dalam sesajian dan merepresentasikan simbol suci agama Hindu. Di Desa Tohpati, Kecamatan Batubulan, Bali terdapat sentra pembuatan batik berbahan kain tenun. Sejumlah butik berdiri menawarkan hasil karya para perajin batik ini yang terkenal memiliki kualitas tinggi.  Kadek Sugiarta, Pemilik Butik Bidari menuturkan, butik ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Umumnya kegiatan produksi dilakukan setelah mendapat permintaan dari konsumen.

Source https://infobatik.id/batik-indonesia-batik-bermotif-pisan-bali-hardjonagoro/ https://infobatik.id/batik-indonesia-batik-bermotif-pisan-bali-hardjonagoro/
Comments
Loading...