Kerajinan Batik Motif Pring Tayub Di Blora

0 138

Kerajinan Batik Motif Pring Tayub Di Blora

Kabupaten Blora memang dikenal dengan hasil buminya, seperti minyak dan gas bumi, sedangkan barongan merupakan kesenian lokal yang coba dilestarikan, sedangkan satai merupakan makanan yang dianggap khas dan cukup populer di Kota Blora, demikian halnya sedulur sikep. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga Batik Blora berbeda dengan motif maupun corak dengan daerah lainnya.

Sentra batik khas Blora di antaranya Galeri Batik Mustika pemiliknya adalah Hurip Indiyani yang ada di Jalan Nusantara, Desa Blumbungan, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Selain itu ada Sentra batik yang terdapat di Kecamatan Cepu. Selain itu masyarakat juga bisa melihat Batik Blora di ruang pamer Dekranasda di gedung Samin Surosentiko sebelah barat kantor Bupati Blora jl. Pemuda No. 12.

Batik Motif Pring Tayub

Batik Motif “Pring Tayub” pada awalnya di beri nama Motif “Pring Jaipong”, namun karena dihimbau Pak Ganjar untuk dirubah namanya menyesuaikan budaya Blora jadi diganti dengan nama “Pring Tayub”. Ganjar Pranowo langsung mengenakan baju batik dari bahan Batik Blora motif “Pring Tayub” saat meninjau pelaksanaan UN di SMK Purworejo dan menghadiri Musrenbangwil eks Karesidenan Kedu. Sementara Batik Blora Motif Samin Surosentiko masih dalam proses penjahitan.

Source https://infobatik.id/batik-blora-pring-tayub-kini-mulai-diburu-warga/ https://infobatik.id/batik-blora-pring-tayub-kini-mulai-diburu-warga/
Comments
Loading...