Kerajinan Batik Motif Retno Kumolo Di Madiun

0 203

Kerajinan Batik Motif Retno Kumolo Di Madiun

Daerah Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur adalah Sentra Kerajinan Batik di Madiun. Sentra kerajinan batik ini berwujud toko yang sangat sederhana. Salah satu perintis dari kerajinan batik asli Madiun ini adalah Pak Subiyono.

Di sentra nya. beliau menjelaskan banyak hal tentang proses pembuatan batik. Beliau juga mengatakan para perajin batiknya setiap hari memproduksi batik maka tempat tersebut akan penuh dengan batik-batik yang sedang diproses. Disini bisa berkesempatan melihat proses pewarnaan batik. Mereka cekatan sekali mewarnai lembaran-lembaran kain batik tersebut.

Batik Motif Retno Kumolo

Motif Retno Kumolo yang motifnya terispirasi dari tokoh wanita zaman Kerajaan Mataram, Retno Dumilah. Retno Dumilah adalah tokoh seorang putri sekaligus ksatria yang berjuang mempertahankan wilayah Purbaya atau Kadipaten Madiun dari serangan Kerajaan Mataram pada zaman pemerintahan Kerajaan Pajang.

Ciri khas batiknya ada pada gambar keris dan warna. Keris itu adalah senjatanya pahlawan Retno Dumilah yang kemudian dijadikan lambang kota Madiun. Sedangkan untuk warna cenderung mendekati biru benhur. Konon katanya, Madiun ini dekat hutan sehingga membawa kesejukan. Warna biru melambangkan kesejukan. Ciri khas yang sangat kental dan sarat pesan ini diyakini bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-motif-retno-kumolo-khas-madiun/
Comments
Loading...