Kerajinan Batik Motif Sate Di Blora

0 174

Kerajinan Batik Motif Sate Di Blora

Kabupaten Blora memang dikenal dengan hasil buminya, seperti minyak dan gas bumi, sedangkan barongan merupakan kesenian lokal yang coba dilestarikan, sedangkan satai merupakan makanan yang dianggap khas dan cukup populer di Kota Blora, demikian halnya sedulur sikep. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga Batik Blora berbeda dengan motif maupun corak dengan daerah lainnya.

Sentra batik khas Blora di antaranya Galeri Batik Mustika pemiliknya adalah Hurip Indiyani yang ada di Jalan Nusantara, Desa Blumbungan, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Selain itu ada Sentra batik yang terdapat di Kecamatan Cepu. Selain itu masyarakat juga bisa melihat Batik Blora di ruang pamer Dekranasda di gedung Samin Surosentiko sebelah barat kantor Bupati Blora jl. Pemuda No. 12.

Batik Motif Sate

Motif Sate merupakan motif khas yang terdapat dalam Batik Blora. Dimana sate merupakan salah satu menu makanan yang bisa dijumpai dengan sangat mudah, mulai dari daerah pedesaan hingga kota-kota besar. Kalau pada umumnya dijumpai para pedagang sate ayam khas Madura, tapi di daerah Blora memiliki sate ayam khas kota ini. Sate Ayam Blora memiliki keunikan tersendiri karena pada saat selesai makan tidak dihitung per porsi tetapi dihitung berapa banyak jumlah lidinya.

Dari itulah makanan khas Blora yaitu sate ayam dijadikan untuk motif dalam batik Blora. Harapan dibuatnya Motif Sate supaya sate Blora dapat dikenal oleh masyarakat luar Kota Blora sebagai makanan khas Kota Blora. Batik Blora memiliki variasi harga jual. Batik cap dijual dengan harga Rp. 100.000 per potong sedangkan batik tulis dijual dengan harga Rp. 150.000-200.000 per potong.

Source http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=479:corak-batik-dan-maknanya-dalam-budaya-masyarakat-blora&catid=68:vol-17-no-4-september-2015-seri-v http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=479:corak-batik-dan-maknanya-dalam-budaya-masyarakat-blora&catid=68:vol-17-no-4-september-2015-seri-v
Comments
Loading...