Kerajinan Batik Motif Sawat Pengantin Di Cirebon

0 158

Kerajinan Batik Motif Sawat Pengantin Di Cirebon

Cirebon memiliki destinasi wisata batik di Desa Trusmi yang tidak kalah menarik dengan Yogyakarta, Solo atau Pekalongan. Dari destinasi yang sayup terdengar, Trusmi kini semakin terkenal. 10 Tahun yang lalu, tidak banyak wisatawan mengetahui Batik Trusmi di Cirebon. Kecuali penggemar berat batik, atau mereka yang berdomisili di Bandung atau sering pergi ke Cirebon. Namun kalau pergi ke sana hari ini, Anda akan melihar pusat grosir batik dengan parkiran luas dan jejeran butik-butik batik dari yang sederhana sampai mewah.

Erwin Ibrahim pemilik Rajjas Batik, salah satu gerai Batik Trusmi. Erwin mengatakan perubahan Batik Trusmi menjadi destinasi wisata populer, baru terasa dalam 5 tahun terakhir.

Erwin tidak salah, berawal dari satu desa yaitu Trusmi, kini produksi batik menular ke 3 desa lain yaitu Panembahan, Kali Tengah dan Kali Wulu. Namun untuk penjualan, Desa Trusmi masih menjadi andalan.

Untuk motif yang satu ini umumnya dikenakan oleh pasangan pengantin dan digadang-gadang sebagai motif batik kelas atas. Motif sawat pengantin ini memiliki makna filosofis mampu melindungi pemakainya (mempelai yang sedang melangsungkan pernikahan) dari segala hal buruk. Motif batik sawat pengantin ini juga ternyata melambangkan harapan serta kebahagiaan para pemakainya.

Source https://cireboncinnamon.com https://cireboncinnamon.com/motif-batik-cirebon-dan-maknanya/
Comments
Loading...