Kerajinan Batik Motif Sawung Sedya Mukti Di Ponorogo

0 125

Kerajinan Batik Motif Sawung Sedya Mukti Di Ponorogo

Menorehkan canting pada kain untuk dijadikan selembar batik bukanlah hal yang sulit bagi Mariana, seorang ibu yang mewarisi keahlian tersebut secara turun-temurun sejak kecil. Bagi perempuan yang bergiat di sentra batik di Jalan Semeru, Kabupaten Ponorogo, Jatim, itu, membatik merupakan bagian dari hidup dan sumber mata pencahariannya.

Ia mendirikan kelompok pengrajin batik pada awal 1980-an. Dalam kurun waktu itu, sedikitnya sudah 25 motif batik asli Ponorogo ia ciptakan. Untuk mengikuti perkembangan, pihaknya tidak hanya membuat batik tulis, namun juga batik cetak.

Dalam kesehariannya membatik, lanjut wanita yang memiliki tiga putra itu, ia dibantu seluruh anggota keluarganya. Jumlah itu masih ditambah dengan anggota kelompok pengrajin batik besutannya yang berjumlah hingga 10 orang.

Batik Motif Sawung Sedya Mukti

Batik Sawung Sedyo Mukti mempunyai arti ayam jantan menuju kemuliaan. Batik ini merupakan batik motif khas Jawa timur yang berupa ayam jantan, bunga teratai. Motif batik ini renovasi dan ditambah dengan motif bunga dari batik Ponorogo (Wulung) buatan nenek moyang sekitar tahun 1950, yang aslinya masih tersimpan. Di modifikasi dengan isen-isen model sekarang, dengan menggunakan pewarna alami dari indigosfera tixtoria buatan Teknik Kimia UGM, membuat batik ini terkesan mewah. Warna birunya yang asli indigosfera serbuk membuat batik ini layak untuk dibuat koleksi.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-sawung-sedyo-mukti/
Comments
Loading...