Kerajinan Batik Motif Sekar Jagad Di Trenggalek

0 193

Kerajinan Batik Motif Sekar Jagad Di Trenggalek

Di Kabupaten Trenggalek, akan mendapati batik dengan motif bunga cengkeh. Kabupaten yang berada di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki sentra batik di Dusun Jampi, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kab. Trenggalek.

Saat ini di Dusun Jampi setidaknya terdapat 35 pembatik dan dua rumah produksi batik. Imam Sopingi, satu diantara dua pemilik rumah produksi batik mengatakan dusunnya telah lama menjadi pusat batik di Trenggalek. Dari tahun 70an, simbah-simbah kami telah menjadi pembatik,” cerita Imam.

Batik Motif Sekar Jagad

Motif Batik Sekar Jagadyang berasal dari Kabupaten Trenggalek berbeda dengan Motif Batik Sekar Jagad dari Jawa Tengah. Perbedaannya terletak pada ciri khusus yaitu adanya penambahan motif yang menunjukkan karakteristik daerah Trenggalek, yaitu penambahan Motif Cengkeh. Corak warna yang ada pada Batik Tenggalek sangat bervariasi karena produksi batik ditekankan untuk bahan pembuatan busana. Variasi warna tersebut berasal dari pewarnaan sintetis yaitu pewarnaan dari naphtol. Warna-warna tersebut tidak mempunyai makna dan filosofi yang mendalam bagi kehidupan namun hanya mempunyai makna secara umum.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-sekar-jagad-trenggalek/
Comments
Loading...