Kerajinan Batik Motif Sekar Jagad Mbako Di Temanggung

0 152

Kerajinan Batik Motif Sekar Jagad Mbako Di Temanggung

Kain batik adalah kain khas Indonesia hampir setiap daerah memiliki kain batik yang unik dengan motif tertentu sebagai cirikhas produksi daerah tersebut.Temanggung juga memiliki batik yang dikenal batik Temanggung tidak sama dengan motif batik dari kabupaten atau kota lainnya di Indonesia. Temanggung terkenal dengan tembakaunya yang menjadi ciri khas batik Temanggung yakni batik tembakau.

Kini Iman Nugroho telah membuka workshop dan showroomnya terletak di Dusun Tegaltemu ,Desa Manding, Temanggung. Batik tulis produksi Iman Nugroho tidak hanya motif tembakau dengan variasi mulai dari motif batik daun,bunga tembakau ,batang,akar melainkan juga motif teh, kayu hingga buah- buahan .Semenjak itulah masyarakat Temanggung berbondong- bondong menjadi pengrajin batik tembakau tepat tahun 2010 batik Mbako berdiri. Kerajianan batik Mbako awalnya dirintis dan ditekuni oleh mayoritas pemuda& ibu- ibu rumah tangga yang telah mengikuti kursus membatik di Solo.

Batik Motif Sekar Jagad Mbako

Motif Sekar Jagad sebenarnya sudah ada di daerah perbatikan lainya seperti Yogya dan Solo, motif ini mengandung makna kecantikan dan keindahan. Dalam bahasa Jawa Sekar berarti bunga, Jagad berarti dunia, bentuk dasar motif ini berupa aneka bunga dan tanaman yang tumbuh di seluruh dunia, tersusun di dalam bentuk-bentuk elips. Ada pula yang beranggapan bahwa Motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata kar jagad yang diambil dari bahasa Jawa Kar berarti peta dan Jagad berarti dunia, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman di seluruh dunia. Pesona Tembakau ini berbeda dengan motif sekar jagad pada umumnya karna bentuk dasar motif ini terdiri dari daun tembakau, bunga tembakau, Rigen, dan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pertanian tembakau. Pada pembuatan batik ini dibuat menjadi 2 desain pola Motif Sekar Jagad Mbako.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-temanggung-motif-sekar-jagad-mbako/
Comments
Loading...