Kerajinan Batik Motif Sekar Jati Di Bojonegoro

0 363

Kerajinan Batik Motif Sekar Jati Di Bojonegoro

Sebagai pengrajin batik Jonegoroan yang penuh kreatifitas, Pudji Rahayu, asal Desa Prayungan Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, memperoleh Piagan Penghargaan Pengrajin batik Jonegoroan terbaik tahun 2016.

Dalam menekuni kerajinan Batik Jonegoroan, Bu Yayuk – demikian, Pengrajin batik Jonegoroan Pudji Rahayu, biasa disapa – ini, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 20 orang. Selain itu, pemilik Istana batik Marely Jaya itu, juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat pengangguran di sekitarnya dan dia juga selalu siap memberikan pelatihan membatik kepada masyarakat Bojonegoro.

Berprofesi sebagai pengrajin batik sekaligus ‘ownernya’, Bu Yayuk terus mengembangkan ide karyanya untuk menciptakan motif-motif batik lebih baru lagi. Kreatifitas dan kualitas kunci utama bagi dia untuk terus mengembangkan Batik Jonegoro.

Bu Yayuk yang telah memproduksi batik Sejak tahun 2009. Dengan adanya lomba terciptalah 14 motif batik dan sudah dipatenkan. Sebagai guru seni budaya di SMAN 1 Sumberrejo, Bu Yayuk membimbing siswa untuk lomba desain batik dan berhasil mendapatkan juara dengan motif batik Kayangan api. Dari 14 motif itu, kini perkembangan motif batik Jonegoroan sudah mencapai100 motif batik.

Batik Motif Sekar Jati

Batik Bojonegoro motif Sekar Jati, tanaman jati, mulai dari akar, pohon dan daun dapat dimanfaatkan. Kayunya merupakan bahan baku meubelair, kerajinan bubut kayu. Tunggak dan akarnya (gembol) dapat diolah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Sekar (bunga), jati (pohon jati) sehingga bermakna tumbuh suburnya pohon jati di Kabupaten Bojonegoro selaras dengan perkembangannya sentra-sentra kerajinan kayu jati (meubel, bubut kayu, gembol) sebagai roda kemajuan dan kreativitas masyarakat Bojonegoro dalam mengolah dan memanfaatkan tanaman kayu jati agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Masyarakat Bojonegoro harus mau ikut membudayakan untuk ikut memiliki Batik Bojonegoro dan menggunakan pada hari Kamis dan Jumat bagi pegawai Pemkab, untuk pengusaha bisa menganjurkan penggunaan Batik Bojonegoro pada karyawannya serta bagi siswa sekolah juga bisa diseragamkan pada setiap hari Jum’at, masih banyak peran serta masyarakat dalam ikut membantu melestarikan penggunaan batik ini.

Source http://rakyatindependen.co.id http://rakyatindependen.co.id/pengrajin-batik-jonegoroan-pudji-sri-rahaju-raih-penghargaan-pengrajin-batik-terbaik-2016/
Comments
Loading...