Kerajinan Batik Motif Sekar Karniem Di Cirebon

0 118

Kerajinan Batik Motif Sekar Karniem Di Cirebon

Batik Sekar Karniem yang sudah ia paten-kan ini, sementara terbatas untuk kalangan perempuan keraton, khususnya Keraton Pakungwati. Harapannya, kaum perempuan yang memakai batik ini.

Para perajin batik tradisional di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku keunikan batik yang menggunakan warna alami mampu memikat pasar ekspor. Sugiono, salah seorang perajin batik Cirebon menuturkan, batik tradisional yang menggunakan pewarna alami diminati pasar ekspor, karena unik dibandingkan produk pewarna sintetis. Ia mengaku sudah menerima pesanan dari Belanda, Itali, dan Jerman.

Bahkan, kata dia, sempat menerima batik pesanan Presiden Uni Eropa bertema UE-Indonesia Sustainable Friendship. Saat itu batik pesanan didominasi dengan lambang garuda, kata dia warna dasar abu-abu dengan pewarna nabati hasil olahan perajin lokal. Sugiono yakin permintaan berbagai jenis dan motif kain batik tulis tradisional akan semakin diminati pasar, baik ekpor juga pesanan lokal, karena keunikan dan ramah lingkungan.

Source https://infobatik.id/batik-sekar-karniem/ https://infobatik.id/batik-sekar-karniem/
Comments
Loading...