Kerajinan Batik Motif Sekar Putat Di Grobogan

0 149

Kerajinan Batik Motif Sekar Putat Di Grobogan

Pusat pembuatan batik di kabupaten Grobogan dapat dijumpai berada di wilayah Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Salah satu tempat pembuatan batik tulis Arumsari ini merupakan industri batik tulis yang bermula pada sekitar tahun 2012. Seni membuat baju batik tulis merupakan salah satu program yang mereka kenal kan kepada masyarakat daerah tersebut. Ternyata seni membuat batik ini membuat para warga dan penduduk desa tersebut bersemangat dan banyak dari mereka yang kemudian mengembangkan seni batik ini hingga wilayah ini menjadi salah satu pusat pembuatan batik tulis di wilayah Grobogan.

Salah satu ciri khas dari batik Tulis Arumsari adalah motif batik Cabe Kawung. Batik Arumsari ini membuat batik dengan menggunakan bahan kain yang ukuran nya dua meter. Bahan kain yang dipakai, terdapat dua jenis dengan kualitas yang berbeda. Kain yang pertama adalah kain primis yang untuk harga kain batik nya dapat mencapai sekitar Rp. 120.000.

Batik Motif Sekar Putat

Awal mula berdirinya Batik Tulis Sekar Putat ini karena adanya Program dari Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Grobogan  selama satu minggu yang memberikan pelatihan kepada warga Putat. Kemudian mendapatkan dana dari Kabupaten sebesar Rp. 11 juta untuk mengembangkan batik tersebut. Namun, ditengah praktik pembuatannya hasil batik yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan, bisa dibilang mengalami produk gagal. Disinilah batik Sekar mengalami keadaan yang cukup sulit.

Source https://infobatik.id/batik-tulis-sekar-putat-purwodadi-grobogan/ https://infobatik.id/batik-tulis-sekar-putat-purwodadi-grobogan/
Comments
Loading...