Kerajinan Batik Motif Sidang Siring Di Banjarnegara

0 178

Kerajinan Batik Motif Sidang Siring Di Banjarnegara

Keberadaan Batik khas Banjarnegara di Desa Gumelem sepertinya masih kurang dilirik oleh para generasi muda. Terbukti, sampai saat ini pengusaha batik mengaku kesulitan untuk mencari tenaga kerja baru. Seperti yang dituturkan pengusaha batik asal Desa Gumelem Wetan Giat Saptorini. Ia mengaku khawatir perihal salah satu wariasan asli Banjarnegara tersebut. Dari jumlah karyawan yang ada, sebagaian besar sudah berusia lanjut. Saat ini mencari tenaga kerja untuk membantik di Desa Gumelem Wetan sangat susah.

Baik yang dari lingkungan sekitar tempat tinggal maupun dari desa-desa lain. Lebih jauh, dirinya berharap ada perhatian dari pemerintah kabupetn terkait minat membatik. Seperti menggiatkan pelatihan-pelatihan atau memberikan pemahaman kepada warga. Sebab, jika dibiarkan, lambat-laun batik khas Banjarnegara ini tidak ada yang meneruskan. “Kalau yang pelatihan sekali atau dua kali saja memang ada dari sekolah-sekolah. Tetapi, pelatihan bagi masyarakt untuk benar-benar serius menekuni batik memang belum ada,” ungkapnya. Tursinah, salah satu pembatik juga menuturkan hal serupa. Menurutnya, saat ini pembatik didominasi masyarakat yang sudah berusa lanjut.

Batik Motif Sidang Siring

Dinamakannya motif ini dengan Motif Sidang Siring atau malang melintang, karena ini salah satu kuliner khas dari Kabupaten Banjarnegara tempatnya tinggal ini dapat malang melintang ke berbagai daerah, tidak hanya terbatas pada ruang lingkup wilayah Kabupaten dan sekitarnya. Untuk itu, salah satu bentuk dari kecintaannya pada Banjarnegara diwujudkannya melalui batik.

Source https://infobatik.id/batik-motif-sidang-siring/ https://infobatik.id/batik-motif-sidang-siring/
Comments
Loading...