Kerajinan Batik Motif Simbar Kencana Di Majalengka

0 216

Kerajinan Batik Motif Simbar Kencana Di Majalengka

Herty Elit Batik sudah membuat 18 motif batik khas Majalengka. Pemilik Herty Elit Batik Hery Suhersono menyebutkan, salah satu dari dua motif batik yang terakhir dibuat adalah Motif Ki Bagus Rangin. Motif ini terinspirasi sejarah Ki Bagus Rangin yang merupakan tokoh pejuang pada masa penjajahan. Motif tersebut dibuat untuk menghargai jasa dan perjuangan Ki Bagus Rangin, dengan harapan bisa memberi motivasi bagi para generasi muda untuk memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa.

Hasil produkksi Herty Elit selain dipasarkan di Desa Enggalwangi, juga di galeri Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran. Hingga kini kami telah membuat 18 motif khas Majalengka, dan kami akan terus membuat motif lainnya.

Batik Motif Simbar Kencana

Simbar Kencana diambil dari nama seorang (leluhur Majalengka). Seorang ratu yang cantik jelita, lincah, gesit, cerdas, lungguh dan mempesona.  Simbar Kencana adalah lambang kemulyaan, kecerdasan, keberanian, kebijaksanaan, keadilan dan kejayaan Majalengka.

Motif didesain dalam bentuk Batik mempunyai ciri khas Majalengka yang diambil dari simbol-simbol artefak sejarah leluhur Majalengka, di dalamnya terdiri dari beberapa motif, seperti motif khas Pajajaran, yaitu motif yang menyerupai bentuk pusaka kujang, karena ketika itu kerajaan Sindangkasih memiliki hubungan erat dengan kerjaan Pajajaran, dimana putra mahkota Kerjaan Pajajaran mempersunting putri dari kerjaan Sindangkasih perlambang kesatuan, persatuan, kebersamaan yang universal.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-majalengka-motif-simbar-kencana/
Comments
Loading...