Kerajinan Batik Motif Singa Barong Di Bali

0 137

Kerajinan Batik Motif Singa Barong Di Bali

Selain memiliki panorama yang indah, Pulau Bali juga sarat dengan dengan hasil kerajinan tangan para penduduknya. Salah satunya adalah kain tenun batik. Di Desa Tohpati, Kecamatan Batubulan, Bali terdapat sentra pembuatan batik berbahan kain tenun. Sejumlah butik berdiri menawarkan hasil karya para perajin batik ini yang terkenal memiliki kualitas tinggi.

Pulau Bali memang memiliki sejuta pesona alam dan budaya. Pesona ini bagaikan magnet yang mampu menarik banyak wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjungi Bali.

Kain-kain hasil tangan ini lantas dijual di butik-butik yang juga berdiri di desa ini. Itu sebabnya, selain berbelanja, pengunjung juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik di tempat ini. Kadek Sugiarta, Pemilik Butik Bidari menuturkan, butik ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Umumnya kegiatan produksi dilakukan setelah mendapat permintaan dari konsumen.

Batik Motif Singa Barong

Makna motif batik singa barong berdasarkan nama dan sejarahnya dimana singa barong merupakan sejenis binatang mitologis atau ajaib karena dalam budaya jawa maupun bali kata “barong” memiliki arti ajaib. Keajaiban wujud singa tersebut dapat kita lihat dari berbagai unsur yang merupakan penggabungan antara singa atau macan (tubuh, kaki, mata), garuda (bersayap), gajah (berbelalai), dan naga (mulut menyeringai dengan lidah yang menjulur). Istilah dari kata barong banyak terdapat pada kesenian di Jawa dan kesenian Bali, mempunyai makna “ajaib”, dimana seekor binatang yang tidak nyata ditemukan dalam realitas kehidupan. Dalam hal ini Singa Barong terbentuk dari penggabungan keempat jenis binatang yang berdasar pada makna kekuatan atau keperkasaan. Hal ini dipertegas dengan belalai yang melingkarkan belalainya ke atas keningnya dengan “memegang” senjata trisula (3 mata-tombak, terdapat di kedua bagian ujung depan dan belakang), yang menambahkan ekspresi atas kekuatan dan pengaruhnya.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/motif-batik-bali-singa-barong/
Comments
Loading...