Kerajinan Batik Motif Singayaksa Di Banten

0 221

Kerajinan Batik Motif Singayaksa Di Banten

Saat ini, ada tiga kelompok perajin batik di Desa Kadu Agung Barat dan Bojongleles Kecamatan Cibadak dan Kelurahan MC Timur Kecamatan Rangkasbitung. Mereka sudah memproduksi Batik Lebak, tetapi jumlahnya relatif terbatas. Saat ini, kualitas perajin batik Lebak belum memiliki nilai jual karena dikelola secara tradisional. Karena itu, pihaknya mendatangkan Balai Batik Yogyakarta agar usaha kerajinan lebih baik lagi. Sebab permintaan Batik Lebak cukup tinggi mulai pelajar, mahasiswa, pegawai negeri sipil (PNS), dan kalangan remaja.

Wanto salah seorang perajin mengatakan pemerintah daerah terus meningkatkan produksi batik dan ditargetkan bisa menembus pasar domestik maupun mancanegara. Saat ini perajin batik hanya motif Baduy dengan motif warna didominasi warna biru dan hitam, katanya.

Namun, kata dia, pihaknya tetap warna asli Baduy dipertahankan, tetapi perlu dikolaborasikan dengan batik lain di Tanah Air. Ia menjelaskan, selain perajin batik Lebak juga berkembang kerajinan tenun Baduy di kawasan Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar.

Batik Motif Singayaksa

Singayaksa merupakan nama motif batik yang diambil dari nama sebuah tenpat Sultan Hasanuddin sholat disaat melakukan istiharah untuk memohon pertunjuk Allah dalam mendirikan keraton.

Source https://www.kamerabudaya.com https://www.kamerabudaya.com/2018/05/batik-banten-sejarah-nama-motif-ciri-khas-dan-penjelasannya.html
Comments
Loading...