Kerajinan Batik Motif Singo Barong Di Blitar

0 170

Kerajinan Batik Motif Singo Barong Di Blitar

Nanang, pengrajin batik Kota Blitar sering kali mendapat kepercayaan sebagai narasumber atau pemateri pelatihan-pelatihan batik yang digelar oleh Pemerintah Kota Blitar. Baik itu pelatihan batik tingkat dasar maupun tingkat lanjutan. Bahkan tidak hanya pelatihan-pelatihan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), namun juga mendapat kepercayaan sebagai narasumber pelatihan batik di kelurahan.

Dikonfirmasi terkait keterlibatannya sebagai pemberi materi pelatihan, Nanang mengatakan bahwa banyak ilmu yang telah diberikan kepada warga lain melalui pelatihan-pelatihan. Baik itu Batik Tulis, Batik Cap, Kombinasi Batik Tulis dan Cap, Tehnis Remukan dan tehnis tehnis lain bermacam-macam hingga waterglass.

Batik Motif Singo Barong

Batik tulis khas kabupaten blitar mulai berkembang pesat dari puluhan motif yang ada terdapat sejumlah motif yang paling laris dimintai masyarakat salah satunya Motif Batik Singo Barong.

Motif Singo Barong memiliki makna sebagai simbol pakaian batik adat untuk berperang mempertahankan sebuah kekuasaan. Jika mengenakan Batik Motif Singo Barong ini, maka si pemakai akan mempunyai aura wibawa tinggi untuk memimpin sebuah kekuasaan atau organisasi apapun. Motif Singo Barong ini biasanya dipakai oleh para pejabat pejabat tinggi atau seorang pemimpin dalam suatu perusahaan.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-blitar-motif-singo-barong/
Comments
Loading...