Kerajinan Batik Motif Tanaman Di Grobogan

0 146

Kerajinan Batik Motif Tanaman Di Grobogan

Pusat pembuatan batik di kabupaten Grobogan dapat dijumpai berada di wilayah Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Salah satu tempat pembuatan batik tulis Arumsari ini merupakan industri batik tulis yang bermula pada sekitar tahun 2012. Seni membuat baju batik tulis merupakan salah satu program yang mereka kenal kan kepada masyarakat daerah tersebut. Ternyata seni membuat batik ini membuat para warga dan penduduk desa tersebut bersemangat dan banyak dari mereka yang kemudian mengembangkan seni batik ini hingga wilayah ini menjadi salah satu pusat pembuatan batik tulis di wilayah Grobogan.

Salah satu ciri khas dari batik Tulis Arumsari adalah motif batik Cabe Kawung. Batik Arumsari ini membuat batik dengan menggunakan bahan kain yang ukuran nya dua meter. Bahan kain yang dipakai, terdapat dua jenis dengan kualitas yang berbeda. Kain yang pertama adalah kain primis yang untuk harga kain batik nya dapat mencapai sekitar Rp. 120.000.

Batik Motif Tanaman

Banyak tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah Grobogan. Motif Tanaman ini sangat unik untuk diangkat sebagai inovasi dari pengrajin. Motif yang sangat populer adalah “Pring Sedapur” yaitu Motif Rumpun Bambu. Selain menggambarkan Grobogan sebagai Lumbung pangan melalui Motif Tanaman, Batik Grobogan juga mengangkat corak batik yang menggambarkan tempat-tempat bersejarah yang berada di dalamnya seperti Motif Api Mrapen Abadi, Bledug Kuwu, Kedung Ombo dan lainnya.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/motif-tanaman-menjadi-identitas-lokal-batik-grobogan/
Comments
Loading...