Kerajinan Batik Motif Tanaman Ketela Di Wonogiri

0 165

Kerajinan Batik Motif Tanaman Ketela Di Wonogiri

Memasukki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri, sentra batik wonogiren di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah selalu kebanjiran pesanan. Para pemudik yang berasal dari berbagai kota, biasanya membeli batik wonogiren sebagai oleh-oleh.

“Biasanya banyak yang pesan untuk seragam Lebaran. Ada yang pesan kain dengan motif tertentu, ada juga yang pesan pakaian jadi,” tutur Daryono, perajin batik wonogiren sekaligus pemilik Rifky Batik. Selama Ramadhan penjualannya  meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

Kebanyakan pesanan masih berasal dari sekitar Wonogiri, Solo, Boyolali, Semarang dan Yogyakarta. Sedangkan pesanan untuk oleh-oleh dari para pemudik datang dari berbagai kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Sumatra, bahkan Kalimantan.

Batik Motif Tanaman Ketela

Tanaman singkong merupakan bahan baku gaplek sebagai makanan sekunder, tidak saja di wilayah Trenggalek, tetapi juga di wilayah Selatan Jawa seperti Tulungagung, Wonogiri, Ponorogo, Blitar, Pacitan maupun wilayah lainnya. Di tanaman ketela itulah yang akhirnya mengilhami lahirnya Motif Batik Ketela. Soal Batik Motif Daun Ketela menurut Prof Andrik menjelaskan, sebanyak 5 daun ketela menggambaran bahwa bangsa Indonesia harus tetap menetapkan pancasila sebagai sumber segaa sumber hukum. Ini merupakan inti ajaran kenegaraan yang wajib dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia.

Source https://infobatik.id/tanaman-ketela-untuk-motif-batik/ https://infobatik.id/tanaman-ketela-untuk-motif-batik/
Comments
Loading...