Kerajinan Batik Motif Terang Bulan Di Pekalongan

0 156

Kerajinan Batik Motif Terang Bulan Di Pekalongan

Ismet salah seorang pengrajin batik warga Kecamatan Tirto Pekalongan, Jawa Tengah, masih mempertahankan membuat kerajinan ini. Pembuatan batik ini di kerjakan secara tradisional, tanpa bantuan mesin modern.

Batik dengan ragam hias Terang Bulan berasal dari Kota Pekalongan yang kemudian sangat digemari di daerah Parahiangan yang dinamakan kain batik Terang Bulanadalah kain batik yang memiliki ragam hias flora atau fauna pada dua sisi kain yang menyiku. Menurut pendapat lain Terang Bulan adalah motif yang merepresentasi ‘suasana’ terang bulan dengan asosiasi bulan purnama. Motifnya ‘terlihat’ akibat  terkena cahaya terang bulan. Latarnya gelap (hitam) dan terdapat outline putih pada setiap bentuk motifnya yang menggambarkan cahaya bulan. Motif Terang Bulan ini terdiri dari beberapa motif  lagi di dalamnya. Seperti, Terang Bulan Kukupu, yang berarti motif kupu-kupu dalam suasana terang bulan dan Terang Bulan Merak yang juga berarti motif merak dalam suasana terang bulan. Namun, motif-motif ini lebih sering disebut dengan motif ‘Terang Bulan’ saja.

Motif batik Terang Bulan secara umum memiliki makna yang berkaitan dengan peristiwa bulan purnama. Bulan purnama adalah keadaan di mana bulan nampak bulat sempurna dari bumi. Pada saat itu, bumi terletak hampir segaris di antara matahari dan bulan, sehingga seluruh permukaan bulan yang diterangi matahari terlihat jelas dari arah bumi. Bulan purnama di sini dimaknai dengan peristiwa suka-cita untuk merayakan kegembiraan bersama sebagai ungkapan rasa syukur, ada juga yang merupakan permohonan untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang semakin baik dengan terciptanya kerukunan, kedamaian serta kesejahteraan untuk seluruh umat manusia yang utuh seperti bulan purnama yang bulat sempurna.
Source https://infobatik.id/batik-terang-bulan-pekalongan/ https://infobatik.id/batik-terang-bulan-pekalongan/
Comments
Loading...