Kerajinan Batik Motif Truntum Cengkeh Di Trenggalek

0 191

Kerajinan Batik Motif Truntum Cengkeh Di Trenggalek

Di Kabupaten Trenggalek, akan mendapati batik dengan motif bunga cengkeh. Kabupaten yang berada di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki sentra batik di Dusun Jampi, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kab. Trenggalek.

Saat ini di Dusun Jampi setidaknya terdapat 35 pembatik dan dua rumah produksi batik. Imam Sopingi, satu diantara dua pemilik rumah produksi batik mengatakan dusunnya telah lama menjadi pusat batik di Trenggalek. “Dari tahun 70an, simbah-simbah kami telah menjadi pembatik,” cerita Imam.

Batik Motif Truntum Cengkeh

Motif truntum melambangkan keranuman, sehingga mendatangkan efek damai dan segar bagi mata yang memandang, sedangkan motif cengkeh melambangkan hasil bumi utama di Kabupaten Trenggalek.

Batik Trenggalek memiliki beberapa motif batik yang khas dengan penambahan tumbuhan cengkeh pada beberapa motif klasik batik jawa pada umumnya seperti pada motif batik parang cengkeh. Tumbuhan cengkeh menjadi ornamen utama dalam motif batik trenggalek karena memang merupakan salah satu komoditi utama hasil pertanian dari wilayah trenggalek ini.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-trenggalek-motif-batik-truntum-cengkeh/
Comments
Loading...