Kerajinan Batik Motif Urang Di Indramayu

0 109

Kerajinan Batik Motif Urang Di Indramayu

Sentra kerajinan batik di Kabupaten Indramayu umumnya berada di pesisir meliputi Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Karang Song, Terusan, Sindang dan Dermayu. Batik Indramayu tersedia dalam beragam jenis produk mulai dari bahan belum jadi (kain) sampai produk siap pakai seperti kemeja pria dan pakaian wanita. Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru.

Suradi mengatakan untuk pemasaran, Batik Indramayu selain dijual di pasaran nasional, batik ini juga sudah menembus pasaran Internasional.Untuk tujuan luar negeri batik Indramayu sebagian besar dipasarkan ke negara-negara Timur Tengah dan negara Eropa seperti Inggris dan Perancis.

Indramayu dikenal sebagai daerah pesisir yang kaya akan hasil perikannya, salah satunya adalah udang. Dalam bahasa Indramayu udang berarti urang yang bentuknya kecil-kecil. Nelayan pergi melaut dan menangkap ikan dan udang di pesisir pantai Indramayu selama berbulan-bulan.

Isteri-isteri nelayan inilah yang sejak dahulu mengkaryakan hidupnya dengan membatik selama ditinggal melaut para suaminya. Motif ini terinspirasi oleh kekayaan hasil tangkapan ikan dan udang di pantai utara Indramayu pada zaman dahulu. Konon banyak orang yang percaya dengan membatik motif ini berharap supaya mendapatkan hasil yang berlimpah.

Source https://infobatik.id/batik-indramayu-motif-lasem-urang/ https://infobatik.id/batik-indramayu-motif-lasem-urang/
Comments
Loading...