Kerajinan Batik Motif Warna Hijau Dan Merah Di Jombang

0 135

Kerajinan Batik Motif Warna Hijau Dan Merah Di Jombang

Sekitar tahun 1940-an membatik banyak dilakukan wanita-wanita Jombang di desa Candimulyo, sebuah kawasan desa yang berada di timur Ringin Conthong. Kala itu, batik hasil karya Jombang belum memiliki corak yang khas. Empat tahun sebelum disahkan UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, batik Jombangan mulai menggeliat, dan kini muncul beberapa sentra batik Jombangan yang dirintis di Desa Jatipelem dan Desa Sukorejo yang berada di Kecamatan Diwek.

Awalnya corak batik di Jombang belum memiliki kekhasan yang memang digali dari kekayaan budaya endemik Jombang sendiri. Motif-motif yang ada berkisar corak bunga melati, kuda putih, cengkeh, tapak lima, sandur, dan ringin conthong. Atas prakarsa pecinta budaya, pembatik dan Bupati Jombang kala itu, digalilah kekayaan budaya yang benar-benar asli Jombang.

Ibu Maniati, selaku pencipta gambar ini, melakukan penelusuran bersama timnya. Teringat Pak Bupati Suyanto yang sedang menjabat berasal dari Kecamatan Bareng dan disana Candi Rimbi berdiri anggun sebagai cagar budaya kebanggaan Jombang.

Batik Motif Warna Hijau Dan Merah

Kata Jombang merupakan akronim dari kata berbahasa Jawa yaitu ijo (Indonesia: hijau) dan abang (Indonesia: merah). Ijo mewakili kaum santri (agamis), dan abang mewakili kaum abangan (nasionalis atau kejawen). Kedua kelompok tersebut hidup berdampingan dan harmonis di Jombang. Kedua elemen ini digambarkan dalam warna dasar lambang daerah kabupaten Jombang. Hal tersebut juga menjadi inspirasi para pengrajin batik Jombang untuk membuat batik dengan dominan warna hijau dan merah.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/motif-batik-jombang-warna-merah-dan-hijau/
Comments
Loading...