Kerajinan Batik Naga Di Rembang

0 111

Kerajinan Batik Naga Di Rembang

Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan Babagan sebagai desa wisata kampung batik lasem. Ini sekaligus menambah deretan sentra batik yang sebelumnya hanya Karasgede-Lasem, serta Karaskepoh, Tuyuhan, dan Pancur Kecamatan Pancur.

Salah satu perajin, Hafidz tidak menetapkan target khusus pasca-peluncuran Kampung Batik Lasem kali ini. Baginya, yang penting adalah peningkatan kunjungan turis termasuk meluasnya pemasaran Batik Tulis Lasem.

Batik Lasem Naga memiliki karakteristik yang berbeda dengan batik naga dari daerah lain. Dari detil ornamennya, gambar naga di batik Lasem tampak sangat orientalis. Tampilan naga dengan tanduk, sungut, dan cakar, menandakan hewan yang disebut Liong atau Lung ini begitu dominatif. Dominasi Liong dipertegas stailisasi Kilin yang bersuka ria memperebutkan bola api di tumpal. Isen-isen Phoenix, atau Burung Hong yang bersimbiosis dengan aneka flora semakin memperdalam eksistensi Lung dalam ragam hias Batik Lasem.

Motif Naga diintepretasikan sebagai refleksi harapan-harapan mulia, serta simbolisasi perjalanan spiritualisme. Dalam tradisi Cina, Naga berkaitan erat dengan sumber kekuatan alam. Wajar jika akhirnya Sang Naga selalu melambangkan kekuatan alam yang maha dahsyat layaknya angin taufan.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/tingginya-makna-motif-naga-di-batik-lasem/
Comments
Loading...