Kerajinan Batik Nitik Di Bantul

0 169

Kerajinan Batik Nitik Di Bantul

DI tengah banyaknya jenis dan motif kain batik di Yogya, ada salah satu jenis motif tertua ciri khas Kelurahan Trimulyo, Bantul yakni Batik Nitik. Tentu saja, kain Batik Nitik ini terbentuk dari titik-titik geometris, berulang dan menciptakan pola indah nan unik.

Keunikan batik ini juga didapatkan dari cara membatiknya. Ujung canting, alat untuk membatik, dipotong sebanyak empat kali yang jika digunakan akan menciptakan titik-titik persegi kecil.

“Canting itu digerakkan sesuai arah yang diinginkan, kalau tidak nanti polanya tidak bagus,” ujar Desti Sudaltri, salah satu pembatik pemula di stan Batik Nitik Trimulyo dalam gelaran ‘Batik to The Moon’, Jogja Expo Center. Ia menambahkan untuk menyelesaikan satu lembar kain batik nitik membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan karena membutuhkan kesabaran, ketelitian dan kecermatan yang tinggi agar titik tersebut tidak melenceng. Warna yang ditampilkan juga beragam, ada yang berasal dari pewarna kimia, ada pula pewarna alami.

Mengingat sulitnya cara pembuatan batik nitik, harga jual satu kain batik bisa mencapai Rp 300.000 hingga Rp 800.000. Meskipun begitu, pola nitik masih menjadi incaran masyarakat pecinta batik karena bermotif sederhana namun tetap tampak elegan. Bahkan, di tengah sulitnya regenerasi pembatik muda, batik ini tetap eksis karena modifikasi penggunaan. Dari yang tadinya dikenakan para perempuan sebagai jarik, kini dapat menjadi pelengkap saat menghadiri acara formal maupun informal

Source http://krjogja.com http://krjogja.com/web/news/read/48029/Batik_Nitik_Tetap_Disukai
Comments
Loading...