Kerajinan Batik Patinan Motif Burung Garuda Di Pati

0 104

Kerajinan Batik Patinan Motif Burung Garuda Di Pati

Batik Pati dapat ditemui antara lain di Kecamatan Juwana. Usaha ini tepatnya berada di Desa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon. Oleh karenanya, batik Pati lebih dikenal dengan sebutan batik bakaran. Tahun 1975, batik bakaran nyaris hilang dari peredaran pasar tradisional. Pasalnya, Sutarsih yang berusia 8 tahun, satu-satunya generasi keempat pembatik bakaran, tak mampu lagi membatik. Namun, Bukhati, putra ke-12 Sutarsih, yang mewarisi kemampuan membatik, berusaha keras menjadikan batik bakaran kembali “bermasa depan”.

Agar batik bakaran lebih dikenal luas, Bukhari memberi merek batiknya “Tjokro”. Ia mengambil nama kakeknya, Turiman Tjokro Satmoko. Alasannya, pada era Tjokro, batik bakaran menjadi komoditas perdagangan di Pelabuhan Juwana dan menjadi tren pakaian para pejabat Kawedanan Juwana.

Batik Patinan Motif Burung Garuda

Ciri khas pada motif tersebut karena Burung Garuda mempunyai banyak manfaat. Disamping itu juga termasuk burung yang terbangnya tinggi setinggi cita-cita Raden Noer Rahmad dalam mengembangkan ajaran-ajaran agama Islam dan salah satu jenis burung yang terbangnya jauh. Hal ini melambangkan bahwa Raden Noer Rahmad berpandangan yang luas dan jauh ke depan dengan penuh optimis.

Source https://infobatik.id/batik-sendang-duwur-motif-patinan/ https://infobatik.id/batik-sendang-duwur-motif-patinan/
Comments
Loading...