Kerajinan Batik Penyu Dan Gurilaps Di Sukabumi

0 64

Kerajinan Batik Penyu Dan Gurilaps Di Sukabumi

Dua motif batik, Penyu dan Gurilaps asal Sukabumi, Jawa Barat telah memiliki hak cipta yang diterbitkan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HAKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kedua motif batik tersebut merupakan hasil karya kreatif dari desainer dan perintis perajin batik Sukabumi, Tenny Hasyanti. Kedua motif batik yang terinspirasi dari kekayaan alam Kabupaten Sukabumi itu tercatat sejak Desember 2015. ”Alhamdulillah dua motif batik penyu dan gurilaps sudah terdaftar pada HAKI. Saat ini masih ada sebanyak 16 motif lainnya yang masih dalam proses pendaftaran,” ungkap Tenny kepada Kompas.com saat ditemui di work shop Batik Sukabumi di Jalan Goalpara Nomor 3, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Tenny untuk mendapatkan HAKI tersebut merupakan perjuangan panjang, semenjak dirinya merintis batik di Sukabumi pada tahun 2007. Untuk membuat motif batik yang menjadi ciri khas Sukabumi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. ”Setiap motif batik yang saya buat ada filosofinya, bahkan saya juga harus berkonsultasi dengan para budayawan, seperti di antaranya almarhum Anis Djatisunda dan beberapa tokoh masyarakat,” ujar desainer lulusan jurusan Seni Rupa Sekolah Desain Bandung tahun 1991. Tenny menuturkan motif-motif yang dibuatnya tersebut mengambil atau terinspirasi dari sumber daya alam yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Seperti halnya buah pala, pisang kole, dan paku jajar merupakan hasil alam Kota Sukabumi. ”Kalau penyu merupakan satwa langka dan dilindungi yang habitatnya terdapat di wilayah pantai selatan Sukabumi, tepatnya di Pangumbahan, Ujunggenteng. Begitu juga gurilaps singkatan gunung, rimba, laut, pantai, dan sungai ini yang menunjukkan kondisi alam Sukabumi,” tutur dia.

Tenny menambahkan, sebagai perajin batik dia terus berjuang dan berupaya mengembangkan hasil karyanya ke pasaran. Bukan saja dalam negeri, bahkan ke luar negeri. Belum lama ini, Batik Sukabumi juga ikut dipamerkan di Dubai pada November 2015-April 2016. ”Selain itu kami tetap mendampingi para siswa di SMA Negeri 3 dalam pelajaran membatik dan juga membina para perajin batik lainnya. Selain itu kami juga menampung hasil karya perajin batik,” ucapnya.

Source https://regional.kompas.com https://regional.kompas.com/read/2016/04/09/18380081/Batik.Penyu.dan.Gurilaps.dari.Sukabumi
Comments
Loading...