Kerajinan Batik Sarung Di Tulungagung

0 142

Kerajinan Batik Sarung Di Tulungagung

Perajin sekaligus pelaku usaha kecil pembuatan batik berbahan kain sarung gagal produksi di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengaku kewalahan melayani permintaan pasar batik yang meningkat hingga 100 persen selama Ramadhan.

“Pangsa pasarnya terlalu besar sementara kemampuan produksi kami terbatas,” kata pengusaha konveksi batik sarung di Desa Majan, Tulungagung, Zaenal Arifin di Tulungagung, Jumat.

Pada hari biasa, kata dia, volume produksi batik sarung di unit usaha rumahan milik Zaenal berkisar 200-an potong.

Namun memasuki bulan suci Ramadhan, lanjutnya, volume produksi naik menjadi 300 hingga 400-an potong per hari.

“Berapapun yang bisa kami produksi sebenarnya selalu habis diambil distributor ataupun pelanggan. Masalahnya bahan baku sarung juga terbatas ,” ujarnya.

Menurut Zaenal, permintaan baju batik berbahan sarung ditempatnya tinggi karena tidak banyak usaha konveksi yang mampu memproduksi batik sarung seperti di rumah konveksi mereka.

“Bahan sarung gagal produksi itu kami dapat dari salah satu pabrik sarung terbesar di Jatim. Selain tidak semua orang bisa mengakses ke dalam, bahan bakunya juga terbatas,” ujarnya.

Zaenal mengatakan, sarung gagal produksi atau yang tidak lolos uji kelayakan (quality control) dia beli dengan harga sekitar Rp35 ribu per potong, dari harga normal sarung di toko yang biasanya dipatok Rp125 ribu hingga Rp150 ribu.

“Kami beli dalam bentuk borongan dengan harga per-kodi isi 20 potong sekitar Rp700 ribu,” paparnya.

Setelah bahan baku sarung di dapat, Zaenal dibantu anak-istri serta sekitar 35 pekerja melakukan pemilahan dan identifikasi sarung cacat produksi untuk selanjutnya menentukan desain serta pola baju batik sarung yang akan dibuat.

“Harga batik sarung sudah jadi, untuk borongan ke distributor atau toko sekitar Rp60 ribuan per potong. Tapi jika eceran ke langsung pembeli harganya antara Rp90 ribu hingga Rp100 ribu per potong,” kata Zaenal.

Source https://ramadhan.antaranews.com https://ramadhan.antaranews.com/berita/566644/perajin-batik-sarung-tulungagung-kewalahan-layani-permintaan
Comments
Loading...