Kerajinan Batik ‘Sinar Gemilang’ Di Magelang

0 64

Kerajinan Batik ‘Sinar Gemilang’ Di Magelang

Berdiri kurang lebih empat tahun silam, Rumah Batik Sinar Gemilang memantapkan fokusnya pada desain batik tulis. Tidak hanya itu, ada juga batik cap, serta batik kombinasi tulis dan cap.

Batik tulis adalah seni karya batik yang sepenuhnya mengandalkan keluwesan tangan untuk menorehkan motif pada kain batik. Tingkat kesulitannya cukup tinggi karena dibutuhkan sense atau jiwa seni yang tinggi untuk membentuk motif-motif batik di atas kainnya. Proses pembuatannya pun cukup lama. Untuk menyelesaikan satu lembar kain batik berukuran 2 meter, dibutuhkan waktu hingga 2 minggu. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan batik tulis dalam partai besar? Makanya harga batik tulis pun dibanderol paling mahal, bisa mencapai 500 ribu rupiah per lembarnya. Meski terbilang cukup mahal, ternyata batik tulis justru menjadi primadona di kalangan masyarakat karena motifnya bisa dipesan eksklusif oleh konsumen tanpa khawatir ada orang lain yang akan mengenakan kain batik dengan motif sama.

Berbeda dengan batik tulis, proses pembuatan batik cap lebih mudah karena tinggal menempelkan cap saja di atas kain batik, motifnya pun langsung jadi. Sedangkan untuk batik jenis kombinasi adalah gabungan teknik batik tulis dan batik cap.

Rumah Batik Sinar Gemilang biasanya melayani pesanan dari instansi Pemerintah Kabupaten Magelang, di antaranya dari Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, DPU ESDM, Dinas Pasar, dan Dinas Pertanian. Sebagian besar pesanan seragam batik untuk instansi. Meski ada juga pesanan dalam jumlah kecil, Rumah Batik Sinar Gemilang tidak pernah menolak.

Motif yang dipesan pun beragam, mulai dari motif daun cengkeh, motif bunga yang kini sedang tren, bahkan ketika even Piala Dunia sedang berlangsung beberapa waktu lalu, ada juga pelanggan yang memesan motif batik logo klub sepak bola favoritnya.

Tak hanya soal motif, Sugeng juga harus siap memutar otak ketika ada pesanan baju batik yang sudah jadi, apalagi jika baju wanita. Ia mengaku bekerja sama dengan penjahit untuk menentukan model baju yang akan dibuatnya, terutama untuk letak motif yang digambarkan di atas kain batiknya.

Menerima pesanan dari konsumen, kadang membuat perajin batik harus kreatif cari inspirasi motif yang diinginkan. Tak jarang, berulang kali perajin mengubah motif yang ia tawarkan karena ketidakcocokan dengan selera konsumen, namun  semua konsumen dilayani dengan penuh kesabaran.

Selain melayani pesanan dari instansi Pemda Kabupaten Magelang, Rumah Batik Sinar Gemilang juga pernah mengirimkan kain batik produksinya ke luar Jawa, bahkan ke luar negeri, di antaranya China dan Filipina. Koneksi dibangun melalui pameran-pameran yang kerap kali diikuti oleh Rumah Batik ini. Beberapa pameran yang pernah diikuti yakni Pameran Semarak Gemilang yang rutin diadakan tiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Magelang. Dari pameran tersebut, dimanfaatkan untuk menampilkan kain batik hasil desain Rumah Batik Sinar Gemilang, juga menyebar kartu nama sebagai sarana promosi agar semakin dikenal masyarakat. Sugeng mengaku melalui ajang pameran, ia mendapat banyak pelanggan yang memesan batik di tempatnya.

Source http://diskominfo.magelangkab.go.id http://diskominfo.magelangkab.go.id/v2/home/detail/batik-tulis-eksklusif-khas-kabupaten-magelang/125
Comments
Loading...