Kerajinan Batik Tancep Di Gunung Kidul

0 217

Kerajinan Batik tancep DiGunung Kidul

Masyarakat umum khususnya Gunungkidul nampaknya baru mulai mengenal Batik Tancep, setelah versi printing dari sentra industri batik ini digunakan sebagai seragam Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkab Gunungkidul.

Kendati lokasinya yang jauh dari pusat kota, sentra industri batik yang berada di Desa Tancep Kecamatan Ngawen ini berhasil menunjukkan eksistensinya. Berkat ketekunan dan kreativitas pengrajin batik setempat berhasil memproduksi jenis batik yang memiliki corak berbeda dari jenis batik lainnya. Corak khas produk Batik Tancep ini mendapat tanggapan positif dari pasar, khususnya pasar khusus pecinta dan kolektor batik tulis, sehingga produksi di sentra industri batik ini semakin bergeliat dan berkembang pesat. Kini untuk pemasarannya, para pengrajin di sentra batik ini sudah tidak meragukan serapan pasar. Sejumlah pesanan berdatangan dari berbagai kota hingga dari luar negeri.

Batik Tancep ini memang memiliki keunggulan, sehingga wajar apabila pesanannya sudah ada yang berasal dari kawasan Eropa. Beberapa keunggulan produksi sentra batik ini diantaranya coraknya yang khas, proses pembuatannya secara manual, dan bahan dasar pewarnaan yang berasal dari alam.

Salah satu pengelola industri Batik Tancep Alleya Batik, Novita Pamungkas menjelaskan, beberapa motif yang dimiliki sentra industri Batik Tancep meliputi Gajah Birowo, Sekar Jagad, Galaran Perahu, Babon Angrem. Motif-motif tersebut pakemnya dikeluarkan oleh keraton.

Source Kerajinan Batik Tancep Di Gunung Kidul Kerajinan Batik Tancep Di Gunung Kidul
Comments
Loading...