Kerajinan Batik Tancep Ngawen Di Gunung Kidul

0 125

Kerajinan Batik Tancep Ngawen Di Gunung Kidul

Batik Tancep atau dikenal dengan nama Batik Tulis Tancep merupakan kerajinan batik yang dihasilkan oleh pengrajin batik di Gunungkidul. Proses pembuatannya masih tradisional dengan pembuatan motif secara manual dan pewarnaan dengan bahan alami. Pemasaran Batik Tancep ini sementara mengikuti pasar batik yang ada disekitarnya yaitu Yogyakarta dan Solo karena pembeli beelum banyak yang datang langsung ke lokasi atau pusat pembuatan.

Sentra Industri Batik Tancep Ngawen Gunungkidul banyak ditemui di desa Sendangrejo, kecamatan Ngawen, kabupaten Gunungkidul. Batik tancep merupakan kerajinan batik khas Ngawen Gunungkidul.

Sentra industri batik tancep sebagian besar merupakan industri rumahan atau usaha milik perseorangan. Hampir seluruh pengrajin batik tancep ini berdomisili di kecamatan Ngawen, kabupaten Gunungkidul. Hanya sebagian kecil pengrajin yang berasal dari luar Ngawen, itupun saat ini sudah berpindah atau memiliki rumah di daerah Ngawen. Tidak heran bila perlahan-lahan orang lebih mengenal batik tancep dengan sebutan Batik Tancep Ngawen Gunungkidul.


Batik Tancep Ngawen memiliki motif dan warna yang sedikit berbeda dengan jenis batik yang telah terkenal sejak lama yaitu batik khas Jogja dan batik khas Solo. Kedua jenis batik tersebut menjadi perbandingan karena letak Ngawen sendiri berada ditengah-tengah antara Yogyakarta dengan Solo. Hal yang menjadi cirikhas utama dari Batik Tancep Ngawen adalah banyak batik yang diproduksi dengan warna biru keungu-ungan, hijau, dan coklat. Meski memiliki motif dan warna yang berlainan dengan Batik Jogja dan Batik Solo, dalam prakteknya Batik Tancep Ngawen tetap terpengaruh keduanya. Hal ini dikarenakan Batik Tancep Ngawen memiliki pangsa pasar di Jogja dan Solo.

Bermacam-macam kendala membuat Batik Tancep Ngawen tidak dapat lepas dari pangsa pasar di daerah lain. Batik Tancep Ngawen lebih mudah ditemui di daerah pangsa pasar seperti Yogyakarta (Jogja), Solo, Jawa Tengah, dan Kalimantan. Di kabupatennya sendiri, Batik Tancep Ngawen cukup sulit ditemui dan harus mendatangi langsung sentra industri batik tancep yang jauh dari kota dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Seperti yang kita tahu bahwa lokasi Ngawen berada di ujung utara timur wilayah Gunungkidul. Perjalanan dari kota Wonosari membutuhkan waktu setengah jam lebih, apalagi bila ditempuh dari kota Yogyakarta membutuhkan waktu hampir dua jam. Alternatif jalan terdekat untuk menuju ke Ngawen adalah melalui Klaten namun akses jalan buruk dan banyak simpangan jalan. Masalah semacam ini harusnya menjadi tugas pemerintah untuk mencarikan solusi agar Batik Tancep Ngawen mudah dikenal di daerahnya sendiri.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/batik-tancep-ngawen-gunungkidul.html
Comments
Loading...